23 Oktober 2012

Menggunakan Auto Correct untuk mempermudah penulisan di MS Word 2010


Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mempermudah penulisan dokumen pada Word 2010. Salah satu cara yang mungkin dapat kita lakukan adalah dengan menggunakan fungsi Auto Correct yang sudah tersedia pada Word 2010.

Dengan menggunakan Auto Correct ini maka penulisan suatu kata atau suku kata yang panjang dapat kita singkat dengan huruf atau kata lain yang lebih pendek.  Selain itu juga berguna untuk mempermudah memasukkan sesuatu yang agak panjang dan perlu dihapalkan, misalnya no HP, no rekening bank, NIP atau yang lainnya dengan lebih mudah.

Sebenarnya fungsi auto correct ini sudah tersedia pada semua MS Word, tidak hanya pada versi 2010 saja. Pada MS Word 2003 dan MS Word 2007 juga sudah tersedia. Namun dari beberapa versi tersebut ternyata fungsi tersebut letaknya berbeda-beda, sehingga kita harus mencarinya terlebih dahulu. Khusus pada Word 2010 fungsi auto correct ini memang tidak tampak secara default pada ribbon, jadi kita harus mengeluarkannya terlebih dahulu melalui option.

Berikut ini langkah-langkah menggunakannya:


  • Letakkan fungsi auto correct terlebih dahulu pada ribbon dengan cara berikut: File  option  costumize ribbon. Kemudian pada tab sebelah kiri pilih All commands untuk menampilkan semua fungsi yang dapat kita sisipkan pada ribbon. Cari fungsi auto correct pada fungsi-fungsi tersebut, untuk mempermudah pencarian dapat kita lakukan dengan menekan huruf A.
  • Setelah fungsi tersebut ditemukan, tinggal meletakkannya pada tab yang kita inginkan. Untuk meletakkannya pada tab home, kita tinggal klik pada home kemudian klik new group yang ada dibawah.

  • Jika proses tersebut berhasil maka lambang auto correct akan muncul pada tab Home. Jika kita ingin menggunakannya tinggal klik pada auto correct tersebut.
  • Jika kita klik lambang tersebut maka akan muncul jendela berikut:


  • Untuk menambahkan huruf atau kata yang akan diubah dengan kata atau suku kata lain. Misalnya jika kita ingin setiap kali mengetik huruf  "j" diganti dengan kata "Jakarta", maka pada jendela tersebut tinggal kita ketik "j" pada replace dan pada with dengan "Jakarta". Setelah selesai tinggal klik Add dan OK.
  • Kita dapat menambahkan auto correct tersebut lebih banyak lagi dengan menekan tombol Add. Hanya yang perlu menjadi perhatikan, huruf, kata, atau tanda yang kita gunakan tidak boleh digunakan lebih dari satu kali.
  • Selamat mencoba...
Semoga tutorial ini bermanfaat....Makasih

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Mohon untuk memberikan komentar yang baik dan membangun

Pengikut Blog